Bagaimana dengan gerakan SiJum (Nasi Jumat) di masa karantina 14 hari..??

Bagaimana dengan gerakan SiJum (Nasi Jumat) di masa karantina 14 hari..??

Ada yang tentu bertanya, bagaimana SIJUM 2 pekan ke depan. Sementara pemerintah telah menghimbau untuk tidak berkerumun. Ditambah MUI telah mengeluarkan fatwa dimana daerah rawan, boleh tidak menyelenggarakan sholat jumat.
.
Jawabannya sebagai berikut:
.
Kami mengamati beberapa hari dan perkembangan terakhir di masyarakat. Bahwa pandemi Corona semakin meluas penyebarannya maupun dampaknya.
.
Maka SIJUM (Nasi Jumat) berusaha untuk tidak ikut menjadi celah bagi kesia-siaan upaya semua pihak… Sebab itu SiJum memberlakukan 4 kebijakan berbeda untuk setiap kota.
.
Perlu diketahui kawan-kawan donatur sekalian, bahwa SIJUM ada di 206 kota saat ini. Dan berikut kebijakan kami.
.
1. Untuk daerah yang rawan penularan. Maka SIJUM di kota tersebut digantikan dengan kegiatan berbagi sembako ke rumah dhuafa atau pondok yatim. Diantar langsung oleh relawan. Sementara tidak di masjid.
.
2. Di daerah yang belum ada laporan kasus Covid-19. Maka kami sementara beralih ke masjid-masjid dengan jumlah jamaah sholat yang kecil. Yakni di bawah 150, agar kerumunan lebih bisa dikendalikan.
.
3. Sementara waktu, tidak ada konsep prasmanan. Semua harus beralih ke box makanan, dan SOP cuci tangan sebelum mengambil box diberlakukan.
.
4. Kami mengalihkan donasi kawan-kawan menjadi beras untuk diantarkan ke para santri penghafal Qur’an di wilayah-wilayah yang ada Relawan SiJum di dalamnya.
.
Demikian info tentang penyesuaian SiJum selama 14 hari ke depan. Insyaallah, kami akan melakukan yang diperlukan untuk menyampaikan amanah donasi dari kawan-kawan sekalian. Dan semoga lewat wasilah sedekah ini.. kita bisa mencegah bala bencana di negeri ini.
.
Mohon doanya.. Agar apapun keadaannya. Kita tetap bisa beramal sholeh.. aamiin

*******************************

.
Semoga Alloh ridho atas harta kita.. Dan kepada semua donatur. Semoga ini terhitung amal sholeh dan menjadi wasilah dari terkabulnya semua hajat dan doa, diampuninya segala kesalahan dan terbukanya pintu Rezeki yang luas, berkah lagi halal melimpah. Aamiin allohuma aamiin.
.
Salam,
Andre Raditya
Founder dan Ketua SIJUM Nasional