Amalan sedekah yang paling mudah untuk dilakukan, cuma dua 

Amalan sedekah yang paling mudah untuk dilakukan, cuma dua 

Amalan sedekah yang paling mudah untuk dilakukan, cuma dua 

 

Sedekah merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena selain untuk mendekatkan diri pada-Nya, sedekah juga dapat memberi manfaat bagi orang lain. Sedekah diperuntukkan kepada orang yang membutuhkan maupun orang yang sedang kesulitan. Sedekah dianjurkan bagi siapa saja yang masih dalam keadaan sehat dan mampu, seperti yang dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa :

 

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi Salallahualaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorokanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”. (HR. Bukhari)

Tidak ada alasan untuk tidak berbuat baik, hanya dengan melakukan hal sederhana saja kita dapat bermanfaat bagi orang lain dan tentu saja juga menuai pahala. Sedekah tidak hanya berupa harta saja, ada hal lain yang ternyata juga termasuk bentuk dari sedekah. Bahkan hal ini merupakan sesuatu yang sederhana yang bisa sekali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dari Abdullah bin Amr bin Radhiyallahu anhuma, ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya:

 

“Apakah (amalan dalam) Islam yang paling baik?”

 

Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

 

“Yaitu kamu memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun tidak kamu kenal” (HR Al – Bukhari dan Muslim) 

 

 

  • Memberi makan 

 

Sedekah yang bisa kita lakukan setiap harinya namun mampu memberikan kebahagiaan pada orang lain yakni sedekah makanan. Sedekah makanan tidak harus diberikan pada orang-orang yang jauh kelaparan di luar sana. Sahabat baik bisa memulainya dengan memperhatikan lingkungan sekitar misal tetangga yang masih kekurangan dan belum sempat makan karena tidak punya uang.

Sedekah tidak harus berupa uang, Sahabat baik bisa memulainya dengan berbagi masakan yang kamu buat atau makanan mu yang ada di rumah. Walaupun tidak banyak, pasti ada keberkahan di setiap yang kamu bagikan. Makanan yang bisa diberikan pun tidak terbatas hanya berupa makanan matang saja, namun bisa berupa sedekah bahan makanan seperti sayuran segar, buah-buahan, bahan makanan mentah dan sebagainya.

 

  • Mengucapkan salam 

 

Ada amalan lain yang lebih mudah dilakukan dari memberi makan yakni mengucapkan salam kepada sesama muslim yang lain. Sedekah memang tidak harus selalu mengeluarkan materi, bahkan hanya dari sikap baik kita bisa bernilai sedekah.  Saat kita menyapa seseorang dengan senyuman tulus dan ikhlas, maka akan memberikan energi positif kepada orang yang kita sapa.

Hal ini membuat orang lain yang menerima senyuman kita juga akan tertular energi positif yang sama. Hal ini lah kenapa mengucapkan salam termasuk sedekah karena mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi orang lain. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak bersedekah. Berikan energi positifmu kepada banyak orang dengan mengucapkan salam hangat.

Seperti itulah dua amalan sedekah yang paling mudah kita lakukan namun berpahala besar. Sahabat baik bisa memulainya dengan memberi makan kepada sesama melalui Warung Makan Gratis SiJum atau SiJum Delivery Foodtruck  yang akan menyalurkan sedekah makan mu kepada orang-orang di luar sana yang kelaparan dan membutuhkan. Ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah, semua tergantung dari pribadi yang mau berusaha atau tidak.