5 Tips ampuh agar doa cepat terkabul, dalam Islam 

5 Tips ampuh agar doa cepat terkabul, dalam Islam 

5 Tips ampuh agar doa cepat terkabul, dalam Islam 

 

Ibadah yang bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja adalah berdoa. Berdoa merupakan sarana komunikasi hamba kepada Rabb nya. Selain untuk memohon ampunan dan mengharap sesuatu, berdoa juga termasuk bentuk rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan berdoa, kita akan merasa bahwa kita sedang berhadapan dengan Sang Khaliq sehingga dapat lebih mendekatkan diri pada-Nya.

 

Banyak yang mengeluh karena doanya tak kunjung terkabul. Bisa jadi cara kita berdoa masih belum tepat. Meskipun sebenarnya belum tentu terkabul, namun tidak ada salahnya jika kita menerapkan beberapa cara agar doa kita diijabah. Tentu saja harus didampingi dengan ikhtiar yang penuh keikhlasan ya, Sahabat baik. Berikut beberapa tips yang bisa Sahabat baik terapkan agar doa cepat dikabulkan:

 

1. Khusyuk

Tips yang pertama yakni berdoa dengan khusyuk. Saat Sahabat baik berdoa, hendaknya kita lakukan dengan khusyuk, ikhlas, dan tetap rendah hati. Karena berdoa membutuhkan hati yang terbuka untuk menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

2. Berdoa dengan menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Kiblat adalah arah yang dituju semua umat Islam dalam melaksanakan ibadah, seperti saat kita shalat dan berdoa. Dalam beberapa kesempatan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diriwayatkan selalu menghadap kiblat ketika berdoa. Tetapi, hal ini bukanlah suatu keharusan melainkan anjuran. Dari Jabir radhiyallahu berkata bahwa,

 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam.” (HR. Muslim)

3. Memuji Allah SWT dan bershalawat kepada Nabi

Sudah sepantasnya kita harus baik kepada yang ingin kita minta tolongi. Oleh karenanya, sebelum mengucapkan suatu permintaan dalam doa, pujilah Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan membaca kalimat dzikir terlebih dahulu. Hal ini dilakukan tentu untuk menyanjung-Nya sesuai kedudukan yang Maha Suci.

 

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

4. Bersuara lirih

Ketika kita berdoa, sebaiknya ucapkan dengan suara yang lirih dan lembut. Selain itu, jangan pula berdoa dengan terburu-buru. Karena posisi kita adalah yang meminta dan memohon. Di dalam Surat Al-A’raf ayat 55 dijelaskan bahwa,

 

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Al A’raf: 55) 

5. Membantu kesulitan orang lain

Dalam berdoa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam memberitahukan kita cara agar doa lebih cepat terkabul, yakni sebagai berikut:

 

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

 

Dengan membantu kesulitan orang lain, sama hal nya kita memberi manfaat pada orang tersebut. Karena sejatinya orang yang paling bermanfaat adalah orang yang berguna bagi orang lain. Agar hidup kita bermanfaat, sedekah dapat menjadi salah satu cara untuk meraihnya. Dengan sedekah mulai dari seribu saja melalui QRIS kamu bisa berbagi kebaikan kepada banyak orang di luar sana. Bersama ayobuatbaik.com, InsyaAllah kebaikan dari Sahabat baik akan terdistribusikan untuk mereka yang membutuhkan seperti fakir miskin, yatim dhuafa, guru qur’an dan lansia yang perlu kita perhatikan keberadaannya.