4 Keutamaan qurban di hari raya Idul Adha 

4 Keutamaan qurban di hari raya Idul Adha 

4 Keutamaan qurban di hari raya Idul Adha 

 

Setelah Idul Fitri usai, sebentar lagi umat muslim akan dihadapkan dengan hari raya Islam yang lain yakni Idul Adha. Kurang dari satu bulan lagi kita akan dipertemukan dengan Idul Adha. Idul Adha itu sendiri jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hal yang paling melekat dari hari raya kedua ini yakni dengan adanya qurban.

Qurban tidak hanya ditunaikan di hari H Idul Adha saja, namun kita juga diberi tambahan 3 hari tasyrik.  Hari-hari tasyriq yang dimaksud yakni hari yang diperbolehkan untuk menyembelih hewan qurban. Hari tersebut jatuh pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah. Setelah tiga hari tersebut tidak ada lagi waktu penyembelihannya. Untuk anjuran kapan menyembelihnya, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya. Dan barangsiapa yang menyembelih setelah shalat dan khotbah, sesungguhnya ia telah sempurnakan dan ia mendapat sunnah umat Islam.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ibadah qurban sangat dianjurkan bagi yang mampu, bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah mengingatkan umatnya untuk berqurban. Karena memang ada berbagai keutamaan yang bisa kita dapatkan jika melaksanakan ibadah qurban ini.  Dari Abu Hurairah, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

“Barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

 

1. Dihapuskan dosa dan salahnya 

 

Keutamaan dari berkurban yang pertama yakni dapat menghapuskan dosa dan kesalahan kita. Karena pada dasarnya, menunaikan ibadah qurban merupakan bentuk upaya kita untuk mendekatkan diri dari Sang Ilahi.  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban.

 

”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah: Sesungguhnya shalatku, sembelihan ku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Alam Semesta.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).

 

2. Menambah amal kebaikan

 

Selain dapat menghapus dosa, salah satu keutamaan berqurban lainnya yakni dapat menambah amal kebaikan untuk bekal di kehidupan akhirat. Allah Ta’ala akan memberikan pahala yang berlipatganda bagi setiap umat muslim yang menggunakan sebagian hartanya untuk berquban. Tidak hanya itu, hewan-hewan yang telah disembelih saat qurban nantinya akan menjadi saksi di hari perhitungan amal bagi setiap hamba Allah yang melaksanakannya.

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) qurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah)

 

3. Sebagai syiar agama

 

Keutamaan lain dari menunaikan ibadah qurban ialah dapat dijadikan sebagai upaya syiar agama. Seorang muslim yang melaksanakan ibadah qurban sama halnya dengan ikut andil dalam menyebarkan pesan atau syiar agama tentang kewajiban berkurban yang diawali dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menyembelih anaknya, Ismail Alaihis Salam.

Selain itu, berqurban juga merupakan langkah dari berbagi kepada sesama karena dengan berqurban sama halnya dengan menyisihkan sebagian rezeki yang diberikan Allah Ta’ala.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”  (QS. Al Hajj: 34)

 

4. Aksi sosial dan kemanusiaan

 

Berqurban juga bisa menjadi suatu wujud aksi sosial dan kemanusiaan. Dengan adanya hari raya Idul Adha ini, bisa menjadi jembatan bagi kita menyalurkan kebaikan dan menjadi pertolongan bagi saudara kita yang membutuhkan. Karena tak jarang, banyak saudara kita yang tak pernah merasakan lezatnya memakan daging sapi, kambing, domba ataupun unta.

Qurban yang dilaksanakan setiap tahunnya merupakan suatu bukti bahwa agama Islam telah mengatur segala halnya secara harmonis mulai dari dalam hal menyeimbangkan perekonomian dan aspek kemanusiaan sosial. Dalam ibadah qurban ini kita diajarkan untuk saling berbagi kepada sesama.

Selain itu, qurban juga dapat menghubungkan tali silaturahmi antara golongan yang mampu berqurban dengan fakir miskin. Qurban dapat menjadi salah satu cara agar setiap umat dapat merasakan kebahagiaan yang sama dengan menikmati rezeki dan berkah yang telah diberikan Allah Ta’ala kepada setiap hamba-Nya.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai keutamaan qurban di atas, semoga kita senantiasa diberi kelapangan rezeki agar bisa berqurban di tahun ini. Jika Sahabat baik merasa cukup dan mampu untuk berqurban, sebaiknya tidak ditunda lagi. Mari persiapkan Qurban terbaikmu dari sekarang!. Sahabat baik bisa mengikuti program Qurban SiJum Pelosok Negeri agar bisa membagikan daging qurban untuk saudara-saudara muslim kita di luar sana hingga ke pelosok negeri.